Selasa, 07 Juni 2016

Penyebab Penyakit Glaukoma


Glaukoma merupakan salah satu nama penyakit yang menyerang organ tubuh yang disebut dengan mata. Glaukoma adalah suatu jenis penyakit mata dengan gejala yang tidak langsung dan secara bertahap menyebabkan penglihatan pandangan mata semakin lama akan semakin berkurang sehingga pada akhirnya mata mengalami kebutaan. Hal ini disebabkan karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan bola mata akan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata yang akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata akan mati. Faktor penyebab penyakit glaukoma adalah faktor yang paling banyak menyebabkan kebutaan pada hampir seluruh manusia. Dengan kata lain, glaukoma adalah jenis penyakit mata yang menyebabkan kebuataan kedua setelah penyakit katarak. Ada beberapa jenis penyakit glaukoma, diantaranya adalah sebagai berikut:

·         Glaukoma sudut tertutup
Glaukoma ini termasuk ke dalam glaukoma akut karena akan datang secara tiba- tiba. Pasien akan mengalami sakit yang luar biasa dan bahkan tidak bisa melihat sama sekali dalam seketika. Tetapi karena rasa sakit tersebut si pendertia akan segera menemui dokter sehingga proses penyembuhan segera ditangani sehingga mencegah kerusakan pada mata semakin parah.

·         Glaukoma sudut terbuka
Proses penyakit glaukoma ini sangat lambat sehingga pasien sama sekali tidak merasakan gejala apapun dan tidak mengetahuinya. Sehingga banyak orang yang tidak tahu dan tidak mendapatkan perawatan medis sampai terjadi kerusakan yang permanen pada mata.

·         Ketegangan glaukoma rendah
Pada jenis ini tekanan pada mata normal, namun kerusakan saraf optik masih terjadi. Mungkin hal ini disebabkan karena saraf mata over sensitiv.

·         Pigmen glaukoma
Jenis ini umumnya berkembang pada awal atau pertengahan dewasa. Butiran pigmen yang muncul dari belakang iris tersebar di dalam mata dan mengakibatkan meshwork trabecular sehingga tekanan penglihatan mata menurun.

Penyebab penyakit glaukoma yang utama adalah karena meningkatnya tekanan pada bola mata diatas 20mmHg, penyebab lainnya adalah karena hipertensi dan diabetes melitus. Meskipun jarang, glaukoma dapat juga disebabkan karena emosi yang tidak stabil, migrain, penyempitan pembuluh darah, dan lain-lain. Tekanan bola mata diatas normal yang terus menerus akan merusak saraf penglihatan, tetapi sering kali tidak disadari oleh pasien karena kerusakannya sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, disarankan agar melakukan pemeriksaan mata jika telah berusia 40 tahun keatas. Tekanan bola mata yang diatas normal pada tahap awal akan diberikan obat tetes mata untuk menurunkan tekanan bola mata menjadi normal.

Apa saja yang mengakibatkan seseorang berisiko terkena penyakit mata glaukoma?
·         Tekanan bola mata tinggi
·         Menderita miopia (rabun jauh)
·         Diabetes dengan gula darah yang tinggi dan lama
·         Menderita penyakit tekanan darah tinggi
·         Migrain atau penyempiran pembuluh darah otak (sirkulasi buruk)
·         Kecelakaan atau operasi pada mata sebelumnya
·         Menggunakan steroid (cortisone) dalam jangka waktu lama
·         Berusia lebih dari 45 tahun
·         Adanya riwayat glaukoma dalam keluarga, saudara sekandung lebih beresiko dibandingkan orang tua dan anaknya

Untuk mengetahui apakah anda terkena penyakit glaukoma, setidaknya anda harus mengetahui seperti apa gejala mata glaukoma terlebih dahulu. Berikut merupakan beberapa gejala yang biasanya terjadi ketika seseorang mengalami mata glaukoma:
·         Sakit mata yang parah
·         Penglihatan menjadi parah
·         Kemerahan pada mata
·         Sakit mata yang disertai mual dan muntah
·         Ketika melihat lampu anda akan melihat pelangi dan mata terasa sakit karena pembengkakan mata
·         Terjadi masalah penglihatan yang tidak terduga akibat kekurangan cahaya

Mengobati memang penting, namun mencegah suatu penyakit adalah salah satu yang paling penting. Sama seperti halnya penyakit mata glaukoma, meskipun penyebab penyakit glaukoma umumnya menyerang pada orang berusia diatas 40 tahun namun glaukoma bisa menyerang siapa saja dan usia berapapun. Jika glaukoma dicegah sebelum terjadi kerusakan pada retina dan saraf mata, kemungkinan besar anda dapat sembuh dari glaukoma. Namun jika anda sudah menderita glaukoma, maka anda perlu mendapatkan perawatan. Oleh sebab itu akan lebih baik jika anda melakukan pengecekan kesehatan mata, sehingga jika muncul gejala glaukoma pengobatan dapat segera dilakukan. Berikut adalah cara mencegah penyakit mata glaukoma:
·         Lakukanlah pemeriksaan tekanan mata secara teratur.
·         Lakukan pemeriksaan jika mata buram.
·         Harus berhati-hati jika tekanan mata lebih dari 21 mmHg.
·         Ketika memasusi usia 40 tahun, harus menggunakan kacamata baca.
·         Hati-hati jika salah satu anggota keluarga anda pernah menderita glaukoma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar