Selasa, 07 Juni 2016

Cara Alami Menurunkan Tekanan pada Mata atau Glaukoma


Glaukoma adalah penyakit dimana tekanan fluida meningkat pada mata. Jika hal ini tidak segera ditangani mungkin pasien yang mengidap penyakit ini akan kehilangan penglihatan matanya. Penyakit ini umumnya dapat mempengaruhi kedua belah mata, meskipun mungkin hanya salah satu mata yang mengalami gejala parah. Sebenarnya penyebab glaukoma belum sepenuhnya diketahui. Namun biasanya glaukoma terjadi akibat penumpukan cairan mata yang menyebabkan syaraf - syaraf mata rusak dan tidak bisa menghantarkan darah kebagian mata. Pada mata yang sehat cairan mata akan dikeringkan secara teratur. Namun pada mereka yang mengidap penyakit glaukoma sistem drainase di mata tidak bekerja dengan baik, sehingga cairan dimata menumpuk dan menyebabkan tekanan pada mata. Mata yang mengalami tekanan perlahan akan menyebabkan serabut saraf yang penting mati. Untuk mengetahui apakah anda terkena penyakit glaukoma, setidaknya anda harus mengetahui seperti apa gejala glaukoma terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa gejala yang biasanya terjadi ketika seseorang mengalami glaucoma:
1.      Sakit mata yang parah
2.      Penglihatan menjadi kabur
3.      Kemerahan pada mata
4.      Sakit mata yang disertai mual dan muntah
5.      Ketika melihat lampu anda akan melihat pelangi dan mata terasa sakit karena pembengkakan mata
6.      Terjadi masalah penglihatan yang tidak terduga akibat kekurangan cahaya.
Dengan menurunnya tekanan darah pada tubuh maka tekanan pada mata juga ikut menurun. Sehingga glaukoma bisa di atasi dan dihindari tanpa memberikan resiko yang tinggi. Dibawah ini adalah cara alami menurunkan tekanan pada mata atau glaukoma:
·         Memakan Suplemen Omega 3 Lemak Hewani

Omega 3 mengandung DHA yang dapat membantu dan melindungi fungsi retina mata. Selain itu juga mampu mencegah degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan. Omega 3 dapat ditemukan pada ikan segar baik ikan laut, danau maupun kolam.
·         Mendapat banyak Lutein dan Zeaxanthin

Lutein merupakan karotenoid yang dapat ditemukan pada sayuran hijjau yang mampu menjadi zat antioksidan serta melindungi mata dari radikal bebas. Contoh makanan yang mengandung Lutein antara lain bayam, brokoli, dan lain-lain.  Sama hal nya dengan Lutein, Zeaxanthin juga membantu melindungi mata. Contoh makanan yang mengandung Zeaxathin adalah kuning telur. Namun usahakan memakan kuning telur yang setengah matang agar zat Karotenoidnya tidak rusak ketika digoreng.
·         Memakan Buah Berwarna Gelap

Makanlah buah blueberry atau chanbery. Buah yang berwarna gelap ini mampu mengembalikan degenerasi makula dan mampu memperkuat kapiler yang membawa nutrisi keotot mata dan ke saraf mata.
·         Olahraga

Cara alami menurunkan tekanan pada mata atau glaukoma adalah dengan berolahraga. Olahraga aerobik dan olahraga lainnya secara teratur dapat menurunkan kadar insulin sehingga mata menjadi sehat dan mengurangi resiko tekanan mata atau glaukoma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar